PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI
METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGdi KELAS X TATA
BOGA DI SMKN 1 SUMBAWA BESAR
Oleh : Muh. Sarjan
SMK Negeri 1 Sumbawa Besar Jl. Durian No. 3 Kec. Sumbawa Kabupaten Sumbawa
e-mail : [email protected]
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning di Kelas X Tata Boga SMKN 1 Sumbawa Besar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X Tata Boga di SMKN 1 Sumbawa Besar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini Kelas X Tata Boga SMKN 1 Sumbawa Besar yang berjumlah 36 orang dan objek penelitian ini adalah Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk esay. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan analisis data hasil belajar matematika siswa pada siklus I adalah 20 siswa yang tuntas (55,56%) dan yang belum tuntas 16 siswa (44,44%), sedangkan pada siklus II yang tuntas menjadi 28 siswa (77,78%) dan yang belum tuntas 8 siswa (22,22%) dengan peningkatan nilai Rata-rata kelas siklus I = 66,52 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas = 73,06 yang mengalami peningkatan secara signifikan, sehingga berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X Tata Boga di SMKN 1 Sumbawa Besar.
File : Jurnal Upload Sarjan