Kegiatan SABDA Gemilang SMKN 1 Sumbawa Menampilkan Tari Kreasi Melayu & Pameran Hasil P5 & PKK

SABTU, 24 September 2022

Pada Kegiatan SABDA Minggu ke 3 Bulan September SMKN 1 Sumbawa Besar Mengadakan SABDA ( Sabtu Budaya ) dengan menampilkan Tari Kreasi Melayu dan Pameran Hasil dari P5 & PKK.
Berikut Pemeran Siswa – siswi SMKN 1 Sumbawa Besar :
Tarian sebagai ungkapan seni mulai hadir ketika orang menyadari pentingnya teknik atau keterampilan gerak. Sejak itu seseorang mulai mengatur gerak tubuhnya, hingga mulai ada tuntutan keteraturan dan bentuk gerak tubuh dalam sebuah tarian. Berdasarkan kebudayaan melayu, terdapat jenis tarian asli dan tarian yang sudah dipengaruhi oleh unsur-unsur modern. Meski begitu, tari melayu menjadi salah satu bukti sejarah perkembangan manusia dari setiap zaman.

Rentak Tari Melayu

Tarian Melayu juga mengenal istilah rentak, yaitu motif irama (musik) tertentu yang mendasari motif gerak tertentu. Melalui rentak suasana dan identitas tari Melayu dibangun. Rentak dalam tari Melayu antara lain Rentak Zapin, Rentak Joget, Rentak Ghazal, Rentak Melayu, Rentak Mak Inang, Rentak Nobat, dan sebagainya. Semua rentak tersebut masih dapat dibagi dalam tiga garis besar, yaitu rentak cepat, rentak sedang, dan rentak lambat. Dalam tari Melayu juga dibedakan gerak tari ideal untuk pria dan tari wanita. Menurut Mansur dalam jurnal yang sama, penari wanita sebaiknya menonjolkan sikap badan dan gerakan lemah lembut. Sedangkan penari pria dengan sikap badan dan gerakan yang gagah.
Sumber : link
Berikut Tari Kreasi Melayu oleh Siswa – siswi SMK Negeri 1 Sumbawa Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published.